REVIEW FILM THE MATRIX


                                        




-------------------------(*_*)..................(*_*)..............(*_*)...........(*_*).............(*_*).................................



                                                                                                                 Heny Kusmawati(10422039)



THE MATRIX


Orientation/Perkenalan
Suatu ketika ada pertikaian hebat antara Trinity dengan sekelompok agen dan tugas keamanan. Mereka mengejar Trinity karena ia adalah hacker basis data IRS. Kemudian Trinity menghilang melalui pesawat telepon. Tiba-tiba ia menghubungi Tn. Anderson melalui computer untuk mengikuti perintahnya. Tn. Anderson di perintah untuk mengikuti perempuan bertatto kelinci putih. Tak berapa lama setelah pesan itu dibaca, ada yang mengetuk pintu Tn. Anderson, tamunya itu bernama Choi yang datang bersama dengan seorang perempuan bernama Du Juor. Maksud kedatangan mereka adalah mengambil sebuah program. Tanpa disangka Choi, mengajak Tn. Anderson ke Club untuk bersenang-senang Tn. Anderson Tak sengaja Tn. Anderson melihat tattoo kelinci putih dipundaknya Du juor. Melihat hal itu, dia teringat akan pesan dikomputernya dan Tn. Anderson pun menerima tawaran Choi.
Setelah itu Tn. Anderson pergi ke Club bersama Choi dan kawan-kawan. Disana dia bertemu dengan Trinity. Mereka saling menyapa dan berkenalan. Ketika mengetahui perempuan dihadapannya bernama Trinity, dia pun langsung tahu karena Trinity adalah hacker basis data IRS. Tn. Anderson diberitahu oleh Trinity bahwa gerak-geriknya di amati oleh sekelompok orang.
Paginya, Tn. Anderson bekerja seperti biasa. Dia bekerja diperusahaan piranti lunak computer. Sayangnya, dia mendapat teguran oleh bosnya yang bernama Reinheart atas ulahnya sebagai hacker computer atas nama Neo. Setelah itu, dia mendapat kiriman telepon dan mendapat perintah dari penelpon untuk segera pergi dari ruang kerjanya karena dia sedang dicari petugas keamanan dan sekelompok agen. Diapun mengikuti perintah penelpon, tetapi dia gagal untuk kabur dan ditangkap oleh petugas keamanan dan sekelompok agen itu. Lalu, dia di interogasi tentang pekerjaaannya diperusahaan dengan nama Tn. Anderson dan indentasnya sebagai hacker atas nama Neo. Karena dia tidak mau menjawab diapun dibungkam dengan cara direkatkan kedua mulutnya dan di perutnya dimasuki penyadap suara berupa capung.
Ternyata, yang dialaminya itu ada dalam mimpi, diapun terbangun dan mendapat telepon untuk menunggu di jembatan adams street. Diapun menuruti perintah telepon tersebut. Kemudian, dia dijemput oleh Trinity, Apoc dan Switch dan disuruh masuk kedalam mobil. Didalam mobil dia disuruh mengangkat baju agar Trinity bisa mengambil penyadap suara yang ada dalam perut Neo. Setelah itu dia diajak menemui Morpheus. Ketika bertemu dengan Morpheus, dia dijelaskan tentang gambaran singkat the matrix. Morpheus mengatakan bahwa The matrix adalah penjara pikiran yang menjadikan manusia sebagai budaknya. Maksudnya manusia di kekang oleh teknologi maupun system yang ada tanpa ada sadar bahwa pikiran diri mereka sedang dipenjara dengan alat ciptaan manusia itu sendiri. Tanpa basa basi, Morpheus menawarkan kepada Neo untuk memilih pil berwarna merah (masuk negeri ajaib) ataukah pil berwarna biru(kembali dari mimpi dan semua akan biasa saja). Neo pun memilih pil merah dan itu tandanya dia akan menjadi agen manusia pilihan untuk menghancurkan the matrix.



Klimaks/permasalahan
Seketika itu juga, Neo dibuatkan replica jadi diri dan dijadikan manusia baru melalui tanam manusia. Memang terkesan aneh, tapi itulah kenyataannya bahwa manusia itu hanya akan ditanam dengan mesin. Beberapa lama, Neo tidak sadarkan diri. Saat dia sadar bahwa dia terlahir sebagai manusia yang baru, ia sempat berontak dan ingin kembali ke manusia seutuhnya seperti dulu.
Neo ditenangkan oleh Morpheus dan diperkenalkan dengan lingkungan barunya yaitu pesawat Nebuchadnezzad. Morpheus juga memperkenalkan agen pesawat yaitu, Apoc, Swicth, Trinity, Cyper, Dozer, Mouse, dan Tank.  Morpheuspun mencoba menjelaskan pada Neo, Kisah tentang manusia berusaha "memperpanjang kehidupan" dengan menciptakan mesin yang memiliki AI (artificial intelligence) canggih.AI bertugas membuat manusia menjadi nyaman dengan jalan memasukkan mereka kedalam sebuah mesin biologis, agar manusia tetap hidup dalam "mimpi"-nya.Namun, dalam perkembangannya mesin tersebut justru mengancam keberadaan Bumi dan umat manusia.Lalu, dia menjelaskan apa itu the matrix?.Jawabannya yaitu the matrix adalah dunia impian computer yang diciptakan untuk mengendalikan manusia. Hal itu terjadi karena dunia pada abad ke-20 mengalami kehancuran karena ilmu pengetahuan yang mereka ciptakan sendiri telah mengakibatkan pertikaian yang akhirnya membakar langit maka tenaga suryapun habis sehingga untuk bertahan hidup manusia harus menggunakan mesin seperti sebuah benda yang memerlukan baterai. Selain itu, akibat habisnya tenaga surya (matahari) menjadikan suhu tubuh manusia lebih dari 120volt dan 250.000 Btu akibatnyamanusia tidak bisa melahirkan dan manusia itu ditanam dengan batuan mesin dan penggabungan fusi.
Neo mencoba lingkungan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dia dilatih oleh Morpheus untuk mengikuti pelatihan program computer. Akan tetapi, Neo masih merasa ingin untuk kembali menjadi manusia. Morpheus mencoba meyakinkan Neo dengan bercerita bahwa The matrix pada awalnya diciptakan manusia untuk memudahkan hidupnya tetapi malah menjadi boomerang bagi manusia sendiri. Oracle sebagai peramal menjelaskan pada Morpheus bahwa akan datang manusia yang akan menyelamatkan dunia dari The matrix.
Lagi-lagi Neo masih ragu dengan perkataan Morpheus. Untuk meyakinkan Neo, dia dibawa untuk menemui peramal disana ia tahu bahwa kebenaran akan dapat menjadi kebenaran sejati karena kebenaran pikiran kita. Dia dijelaskan mengapa dia yang terpilih dan dia mulai mengerti.

Anti klimaks/
puncak permasalah
-an
Selepas bertemu dengan peramal. Tiba-tiba Morpheus, Mouse, Cypher, Switch, Dozer, Tank, Trinity, Apoc, dan Neo dijebak oleh Agen-agen dari pemrograman kesadaran yang bekerja sama dengan Cypher juga. Cypher berkhianat karena ia merasa tidak dianggap penting oleh teman-temannya. Diapun menerima tawaran Agen pemprogaman untuk membantu menemukan sandi “Zion”. Perjanjian mereka dilakukan sebelum Neo diajak bertemu dengan Peramal itu. Dalam perlawanan Morpheus dkk terhadap agen pemrograman kesadaran dkk malah membuahkan hasil menyedihkan karena Morpheus berhasil disekap oleh Agen Pemrogaman dkk.
Mereka yang selamat segera meminta pertolongan pada Tank untuk  dikeluarkan dari program computer tersebut. Cypher yang berhasil meloloskan diri pertama kali meminta Tank untuk meloloskan dirinya. Cypherpun dikeluarkan terlebih dahulu. Setelah keluar dari program computer, ada hal yang dilakukan Cypher diluar dugaan yaitu mencoba membunuh tank dan dozer karena ia ingin mengambil alih operator computer untuk menghancurkan neo sebagai orang yang merebut trinity darinya,(menurut pikirannya). Dozer mati seketika setelah dibunuh Cypher dengan Senapan dan Tank terluka. Setelah operator diambil alih oleh cypher. Diapun membunuh Switch dan apoc dengan cara mencabut kabel listrik dikepalanya. Cypher juga mencoba membunuh Neo akan tetapi dia malah dibunuh oleh Tank . Ternyata Tank masih hidup dan operator pun diambil alih oleh Tank kembali. Neo dan Trinity pun selamat. Mereka pun dikeluarkan dari system computer.
Terkaiti  dengan disekapnya Morpheus pada kawanan agen program kesadaran. Neo pun merasa perlu kembali lagi untuk menolong dan menyelamatkan Morpheus. Diapun memutuskan untuk kembali keprogram computer. Awalnya, trinity tidak setuju akan tetapi dia berubah pikiran setelah mendengarkan penjelasan Neo bahwa Morpheus itu adalah pimpinan mereka dan mewujudkan suatu kebenaran itu diperlukan pikiran dan tindakan yang benar Selain itu, peramal perempuan yang dulu pernah ditemuinya juga menyakan bahwa pikiran positif akan membawa pada keselamatanmu.
Dengan tekad bulat Neo dan Trinity kembali keprograman lagi. Mereka berdua akhirnya, menyelamatkan Morpheus. Dalam waktu bersamaan Trinity dan Morpheus kembali ke raga mereka lagi sedangkan Neo masih berada di system pemprogaman Karena berada di pemprogaman sendirian dan musuhnya banyak.
Resolution/
penyelesaian
Pada awalnya, Neo mengalami kekalahan dan akhirnya mati. Tetapi, ketika trinity mengucapkan cintanya pada Neo, ternyata dia dapat bangkit kembali dan selamat dari agen-agen tersebut. Sistem dan agen pemprogaman kesadaran hancur, Thank dan Morpheus juga mati karena runtunya markas mereka.
Reorientaion/ Penutup
Trinity dan Neo masih hiduo dan hidup bahagia. Neopun memilih untuk hidup didunia tanpa system dan dia hanya tahu memulai dan tidak tahu masa depan Karena SISTEM GAGAL.







PESAN FILM “ THE MATRIX” DIKAITKAN DENGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


1.      Film The Matrix sangat sarat oleh khazanah filsafat dan keagamaan yang sayang diabaikan, misal, secara sepintas kita banyak menemukan dialog bernuansa teologis tentang fate, takdir, kehidupan, kematian, tujuan hidup manusia, dan perbincangan filosofis mengenai kebebasan, realitas, kebenaran, konsumerisme, dunia simulasi, dan simulakrum, dan lainnya.
2.      Kita harus berusaha membebaskan diri kita dari penjara pikiran kita. Pikiran yang menganggap keseharian yang kita jalani merupakan kenyataan yang sesungguhnya dan tidak lagi sempat kita pikirkan kembali serta hayati.Padahal, kita sudah diingatkan oleh Sokrates bahwa kehidupan yang tidak dipikirkan adalah kehidupan yang tidak layak dijalani.
3.      Hidup dalam "the matrix" yang menurut tokoh Morpheus adalah "penjara pikiran" serta bagaimana membebaskan pikiran dan hidup kita dari penjara itu adalah salah satu kajian utama dalam kepercayaan Hinduisme dan Budhisme dan juga banyak kepercayaan lain dan dunia ini hanya fana.
4.      Bagi saya pribadi, tokoh-tokoh seperti Morpheus, Oracle, Agent Smith dan the Architect adalah guru utama dalam dongeng moderen ini. Banyak dialog-dialog tokoh ini yang akan mengingatkan kepada kisah manusia gua-nya Socrates:  dan membantu saya memikirkan lagi kutipan paling terkenal dari Descartes: Cogito, Ergo Sum*Badanku boleh saja diragukan adanya, tetapi aku yang berpikir tidak dapat lagi diragukan/ aku berpikir jadi aku ada.
5.      Menurut Socrates: Pengetahuan itu bersifat umum dan ada yang bersifat khusus dan pengetahuan yang bersifat khusus adalah kebenaran relative
6.      Filsafat Rasionalisme itu didekonstruksi?.Karena merupakan filsafat yang keliru dan juga keliru cara menggunakannya Menurut Renaisans kelemahan manusia modern adalah sikap mendewakan rasio manusia secara berlebihan sehingga nilai dan norma dalam agama sering disepelekan.
7.      Menurut Socrates dan Kant, penggunaan logika secara bebas tidak akan dapat menyelamatkan manusia
8.      Pengetahuan adalah suatu ilmu yang dapat membuat manusia berpikir yaitu memikirkan sesuatu dibalik fakta empiric, jangan mudah puas dengan jawaban yang ditemukan, terhadap jawaban yang ditemukan ragukanlah, lantas renungkanlah, selain itu berpikirlah seluas-luasnya yaitu dengan cara memandang setiap permasalahan dari banyak sudut pandang.
9.      The matrix berhubungan dengan Islam adalah Film ini seolah-olah meniadakan takdir dengan penciptataan AI dan Penanaman manusia memperlihatkan adanya pengecilan akan kuasa Allah akn takdir yang ada yaitu takdir mubram &mualla’


PERTANYAAN:

1.      Apa itu pengetahuan?
Pengetahuan diartikan hanyalah sekadar “tahu”, yaitu hasil tahu dari usaha manusia untuk menjawab pertanyaan “what”, misalnya apa batu, apa gunung, apa air, dan sebagainya.
Menurut pendekatan kontruktivistis dalam Filsafat, pengetahuan bukanlah fakta dari suatu kenyataan yang sedang dipelajari, melainkan sebagai konstruksi kognitif seseorang terhadap obyek, pengalaman, maupun lingkungannya. Pengetahuan bukanlah sesuatu yang sudah ada dan tersedia dan sementara orang lain tinggal menerimanya. Pengetahuan adalah sebagai suatu pembentukan yang terus menerus oleh seseorang yang setiap saat mengalami reorganisasi karena adanya pemahaman-pemahaman baru.
Menurut Socrates adalah Pengetahuan itu bersifat umum dan ada yang bersifat khusus dan pengetahuan yang bersifat khusus adalah kebenaran relative.

2.      Apa makna pengetahuan?
 Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 2 macam :
-          Ilmu pengetahuan exacta (nyata)
-          Ilmu pengetahuan abstrak (tanpa wujud)
Makna Pengetahuan adalah suatu ilmu yang dapat membuat manusia berpikir yaitu memikirkan sesuatu dibalik fakta empiric, jangan mudah puas dengan jawaban yang ditemukan, terhadap jawaban yang ditemukan ragukanlah, lantas renungkanlah, selain itu berpikirlah seluas-luasnya yaitu dengan cara memandang setiap permasalahan dari banyak sudut pandang.
    3. Apa dampak positif dan negative dari ilmu pengetahuan?
1. Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang ini telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
v  Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan  terbaru dibumi bagian manapun melalui internet.
v  Kita dapat berkomukasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
v  Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan-kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal negative, antara lain:
v  Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
v  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
v  Kerahasian alat tes semakin terancam melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
v  Kecemasan teknologi, selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi computer. Kerusakan computer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam computer inilah beberapa contoh stress yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

2. Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya, antara lain:
*      Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
*      Terjadinya industrialisasi
*      Produktifitas dunia industry semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industry baik dari aspek teknologi industry maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktifitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industry akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
3. Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat:
*      Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun bisnis.
*      Meningkatnya rasa percaya diri kemajuan ekonomi di Negara-negara asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebgai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa asia.
*      Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negative pada aspek budaya.
Akibat negative dari kemajuan teknologi:
  1. Kemerosotan moral dikalangan warga masyarakat,khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
  2. Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran computer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Computer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet dan e-mail telah membuat orang asing dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet telah memberi peluang kepada banyak oaring yang tidak memiliki computer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan computer. Melalui program internet relay chatting anak-anak bisa asik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
 4. Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
v  Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
v  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
v  System pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Disamping itu juga muncul dampak negative dalam proses pendidikan antara lain:
v  Kerahasiaan alat tes semakin terancam program tes intelegensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
v  Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan criminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.

_________________________________________________________________________________________
            Perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi informasi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi informasi akan terus berkembang karena manusia tidak pernah merasa puas akan apa yang sudah ada sekarang . Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi masyarakat sudah dapat menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam perkembangan teknologi informasi. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi informasi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pihak yang terlibat dalam Pengembangan Kurikulum

strategi marketing mix " Cappucino Cincau"

CONTOH JOBS DESCRIPTION KEPANITIAN